Cara Aman Menyetir Mobil Bila Bertemu Truk Kontainer Di Jalan Raya

Sering kita temui kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan kecil dan truk dan khususnya lagi truk long chassis. Mengapa kasus seperti ini sering terjadi? Karena pengendara motor atau mobil tidak terlihat oleh pengemudi truk, sebab posisi motor berada di area blind spot. 

Memang di setiap kendaraan sudah dibekali spion, tapi tinggi dan panjangnya truk membuat beberapa titik tidak masuk dalam jangkauan penglihatan dan ini yang disebut blind spot area atau area buta. Untuk truk berukuran panjang dan lebar, ada tiga area blind spot yang harus anda hindari saat mengendarai kendaraan baik itu motor maupun mobil. Ketiga area blind spot ini adalah bagian belakang truk, samping truk dan depan bawah truk. 

Area Blind Spot Belakang Truk 
Jika anda mengendarai sepeda motor dan di depan anda ada sebuah truk, Anda harus memahami dimensi truknya. Truk dengan panjang 9 meter bila posisi Anda persis di belakang truk atau di sudut belakang bak truk tersebut maka Anda tidak akan terlihat oleh kaca spion pengemudi truk, ini merupakan titik buta pada truk.

Blind Spot Samping Truk 
Begitu juga bila Anda berkendara persis di samping truk, Anda juga tidak akan terlihat oleh pengemudi truk tersebut. Blind Spot samping truk ini juga sering menjadi penyebab kecelakaan. Hindari berkendara di samping truk terutama sebelah kiri. Untuk area kanan truk visualisasi spion agak lebih baik, namun usahakan jangan terlalu dekat dengan truk demi keselamatan bersama. 

Blind Spot Depan Bawah Truck 
Area depan truk juga tak kalah bahayanya jika Anda berkendara terlalu dekat. Apabila di belakang Anda ada truk besar dan berkabin tinggi, usahakan untuk segera menjauh karena Anda tidak akan terlihat oleh pengemudi truk. Blind spot area depan bawah truk modern makin berkurang bila telah dilengkapi spion cyclops untuk memantau kondisi bagian bawah di depan. 

Untuk mengatasi besarnya blind spot pada truk, beberapa pabrikan telah menambahkan spion sudut lebar, spion trotoar, dan spion depan atau cyclops untuk melihat apa yang tidak bisa dilihat pengemudi truk. Bahkan beberapa truk produksi Eropa banyak yang dilengkapi sensor dan kamera untuk mengurangi blind spot ini. Namun karena dimensi truck yang lebar, panjang dan tinggi piranti tersebut tidak bisa menghilangkan blind spot 100 persen. 

Tips Aman Berkendara

Tips praktis berkendara yang aman terutama jika berbagi jalan dengan kendaraan-kendaraan besar seperti truk, tronton dan bus adalah sebagai berikut:
- Pahami zona blind spot kendaraan-kendaraan besar, seperti: truk, bus, truk gandeng dan tronton.
- Bersabar. 
- Jangan berada terlalu dekat di belakangnya. 
- Beri jarak yang cukup jika berada di depan truk bermuatan berat. 
- Saat menyalip, jangan masuk mendadak dan memotong terlalu cepat.