BAHAYA SINAR INFRA MERAH DAN CARA MENGATASINYA

Tahukah Anda, tiap harinya, tanpa disadari kita sering berinteraksi dengan radiasi inframerah? Apakah efek buruk yang bisa ditimbulkan? Dan benarkah bahaya inframerah bisa dihalau kaca film?

Inframerah merupakan gelombang radiasi elektromagnetik tidak kasat mata yang memiliki panjang gelombang 700 nm dan 1 mn. Panjang gelombang ini lebih luas dan panjang melebihi dari panjang gelombang yang dapat ditangkap oleh mata manusia.

Uniknya, pada suhu panas panjang gelombang inframerah justru berkurang padahal sesungguhnya gelombang inframerah merupakan energi yang menghasilkan panas.

Perlu diketahui, faktanya, bahaya infra merah dapat dihalau kaca film. Beberapa sumber infra merah yang sering kita jumpai dalam kehidupan adalah seperti sinar ultraviolet,lampu pijar, cahaya yang dihasilkan dari api yang membara, cahaya hasil pengelasan, sinar matahari yang terpantul, dan radiasi aspal yang terpapar sinar matahari siang.

Perantara-perantara yang diuraikan di atas tentunya sering kita jumpai, terlebih bagi kita yang sering berkendara sepanjang hari atau dalam intensitas yang lama.

Namun bagi Anda pecinta otomotif, sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir karena bahaya inframerah bisa dihalau kaca film yang memiliki teknologi canggih dengan material metal.. Tahukah Anda akan dampak buruk yang dapat ditimbulkan radiasi inframerah jika terkena tubuh secara langsung, jika Anda tidak menggunakan kaca film pada setiap sisi kaca mobil Anda?

Kulit Terbakar

Radiasi inframerah yang sampai ke bumi sama tajamnya dengan radiasi ultraviolet. Karena sama halnya dengan ultraviolet, inframerah secara alami juga bersumber dari matahari. Efek buruknya adalah panas atau rasa terbakar pada permukaan kulit. Karena inframerah dapat menembus jaringan kulit terdalam hingga merusak kolagen di bawah kulit.

Kerusakan Retina

Inframerah dapat menembus retina mata yang memicu penumpukan kabut putih yang melapisi retina sehingga mata mengalami penurunan ketajaman bahkan katarak.

Kanker Kulit

Radiasi inframerah sama bahayanya dengan UV yang mampu merusak jaringan kulit terdalam jika terpapar secara berlebihan dan memicu timbulnya sel kanker kulit karena dapat merusak pigmentasi, kolagen dan memicu timbulnya flek hitam yang merupakan tanda awal tumbuhnya sel kanker.

Penuaan Dini

Terpapar radiasi inframerah dalam waktu lama bisa menimbulkan keriput dan kulit menjadi kering. Karena sinar matahari mengganggu keseimbangan minyak alami dan sel kolagen.

Oleh karena itu, bagi Anda pengendara tidak perlu khawatir karena bahaya inframerah bisa dihalau kaca film. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan kaca film V-KOOL pada kaca mobil Anda dengan kemampuan penolakan infra merah hingga 98%.