Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Mobil

Jika bau tak sedap tercium dari dalam kabin mobil Anda, tentunya duduk di dalam mobil akan membuat Anda merasa tak nyaman. Selain itu, penumpang lain pun akan merasa tak betah. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau tak sedap dari kabin mobil, dimulai dengan menjaga kebersihan dan menemukan sumber bau pada kabin mobil. Mulailah dengan langkah-langkah pembersihan termudah terlebih dahulu. Setelah itu, barulah Anda dapat membersihkan daerah berbau tak sedap yang sulit dijangkau.


1. Bersihkan kabin mobil Anda. Mulailah pembersihan dasar dengan mengeluarkan semua barang-barang yang ada di dalam kabin (mis. kotak tisu, buku, dan semacamnya) dan membuang sampah yang ada di dalam kabin. Bacalah buku manual mobil untuk mengetahui peringatan dan saran terkait produk pembersih yang aman digunakan sebelum Anda mengelap, mencuci atau menyemprotkan produk apa pun pada karpet dalam, jok dan bantal, dasbor, dan lain-lain.
2. Lap permukaan bagian dalam kabin mobil. Gunakan kain lap halus untuk membersihkan setiap permukaan plastik, kayu, kaca, dan logam yang ada di dalam kabin mobil. Campuran air dan deterjen ringan biasanya aman digunakan untuk membersihkan hampir semua jenis permukaan. Untuk permukaan kaca, gunakan cairan pembersih kaca. Untuk jok berbahan kulit, gunakan cairan pembersih khusus kulit. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan produk pembersih bagian dalam mobil yang sesuai.
3. Sikatlah terlebih dahulu karpet mobil sebelum Anda melakukan penyedotan debu. Gunakan sikat lembut yang kuat untuk melepaskan debu dan tanah dari karpet sebelum Anda melakukan penyedotan debu pada kabin mobil. 
Lakukan penyedotan debu pada kabin mobil. Terlebih dahulu, keluarkan karpet yang dapat lepas. Setelah itu, lakukan penyedotan debu pada karpet dan jok untuk mengangkat debu atau kotoran yang tersisa. Arahkan mulut penyedot debu pada semua jok dan sebisa mungkin bukalah bantalan jok untuk mengangkat debu atau kotoran yang tersangkut atau menempel pada celah-celah jok.
4. Taburkan produk penghilang bau (deodorizer) pada karpet. Biarkan produk menempel pada permukaan karpet dan diamkan dalam waktu yang disarankan, sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum penyedotan debu dilakukan kembali. Penggunaan produk ini diharapkan dapat mengurangi bau jika sumber bau tak sedap ada di dalam mobil (dalam hal ini, karpet mobil).
Lakukan juga penyedotan debu pada bagasi mobil.
5. Setelah bagian dalam kabin mobil dibersihkan dan dikeringkan, periksalah apakah bau tak sedap masih ada. Jika Anda masih dapat mencium bau tak sedap setelah pembersihan dan pengeringan dilakukan sudah waktunya Anda mencari kemungkinan penyebab bau tak sedap dan mencari tahu apakah ada solusi-solusi yang dapat langsung digunakan untuk membasmi bau tersebut. Bau tak sedap bisa disebabkan oleh bakteri, asap rokok, asap (yang disebabkan oleh benda terbakar), lumut atau jamur, serta muntahan (baik hewan peliharaan maupun manusia).
6. Netralkan bau pada mobil Anda. Setelah Anda membersihkan mobil dan menemukan bau tertentu, cobalah netralkan bau pada kabin mobil Anda secara menyeluruh untuk membasmi bau yang masih tercium. 
7. Gantilah penyaring udara mobil jika ada. Penggantian filter dapat membuat perubahan yang cukup signifikan. Pastikan Anda membaca atau mengacu pada buku manual saat ingin mengganti penyaring udara mobil.
8. Carilah bantuan jasa pembersih profesional apabila bau tak sedap tetap tercium meskipun berbagai metode pembersihan telah dicoba. Ada tenaga-tenaga pembersih profesional yang berfokus secara khusus untuk menghilangkan bau tak sedap. Anda dapat menyewa jasanya, baik melalui gerai pembersih profesional maupun melalui spesialis pembersih. Carilah informasi mengenai jasa ini di internet untuk mengetahui ketersediaan layanan di daerah Anda untuk mendapatkan saran terkait jasa pembersih profesional yang berkualitas. 
9. Jika sewaktu-waktu ada minuman yang tumpah, segera bersihkan tumpahan tersebut. Noda minuman akan lebih mudah dibersihkan jika tumpahan tersebut masih baru, dan bau yang ditimbulkan tidak akan begitu tajam. Selain itu, rajinlah menyapu dan membuang sisa makanan, botol-botol minuman yang kosong, dan material-material organik lainnya yang jatuh atau tertinggal di kabin mobil dari makanan, pakaian, atau perlengkapan lainnya.