Salah Kaprah Dalam Memahami Fungsi Kaca Film

Teknologi kaca film berkembang dengan pesat dari waktu ke waktu. Secara umum kaca film punya fungsi untuk mereduksi panas matahari ketika berkendara.
Kerancuan terjadi antara panas yang dirasakan kulit, dengan silau yang dirasakan oleh penglihatan kita.
Seperti kita ketahui, sinar matahari dibagi menjadi 3 kelompok besar sesuai dengan panjang gelombangnya, yaitu ULTRA VIOLET, CAHAYA TAMPAK dan INFRA MERAH.
Ultra violet menyebabkan kerusakan barang-barang, pudarnya warna bahkan kanker kulit jika terpapar dalam waktu lama. Cahaya tampak kita butuhkan untuk melihat dan Infra merah akan menyebabkan panas. Jadi, kaca film yang baik adalah kaca film yang menolak sinar UV dan infra merah, namun meneruskan cahaya tampak.

Beda Antara Silau dan Panas

Silaunya sinar matahari bisa direduksi dengan tingkat kegelapan yang dimiliki kaca film. Namun panas yang disebabkan oleh infra merah hanya bisa direduksi oleh kemampuan menolak panas kaca film tersebut, sesuai dengan teknologi kaca film. Masih banyak yang beranggapan, makin gelap akan makin tahan panas. Padahal tidak selalu begitu. Kaca film dengan kadar gelap 20 persen pun, jika penolakan sinar infra merahnya baik, bisa tetap tahan panas. Namun, banyak orang tetap merasa panas, karena banyaknya cahaya tampak yang masuk ke kabin. Hal ini bukan panas yang dirasakan, tetapi silau.

Visible light transmission (VLT) merupakan satuan prosentase tentang kemampuan cahaya untuk menembus kaca film. Dan hal ini tidak ada hubungan dengan kemampuan panas dalam menembus kaca film. Namun dengan VLT yang kecil, kabin menjadi lebih redup sehingga perasaan kita sebagai pengendara merasa lebih "adem". Jadi silau berkaitan dengan prosentase kegelapan kaca film, ataupun besaran VLT. Sedangkan panas, berkaitan dengan performa kaca film, dalam hal ini prosentase infra merah yang bisa ditolak kaca film (IRR - infra red rejection).

Spesifikasi Kaca Film yang Harus Kita Perhatikan

Sinar inframerah mewakili sekitar 53% energi matahari. Sisa energi matahari berasal dari cahaya tampak sebesar 44% dan sebagian kecil dari sinar ultraviolet 3%. Semua dari 3 gelombang elektromagnetik ini membentuk apa yang dikenal sebagai spektrum matahari dan energi gabungannya adalah yang kita lihat saat kita menggunakan istilah total energi matahari.

Ada kaca film yang mengunggulkan kemampuan mereduksi sinar UV. UV Rejection (UVR) merupakan penandaan dari besarnya kaca film menolak sinar ultraviolet untuk masuk kedalam mobil. Untuk pembacaannya semakin besar akan semakin bagus, karena bila sinar ini masuk ke dalam mobil dalam jangka panjang dapat merusak dasbor, jok kulit, memudarkan warna bahkan bahaya kanker kulit dan katarak.
Pada umumnya, kaca film yang beredar di pasaran -bahkan kaca film anti gores- mempunyai UVR di atas 98%. Perlu diingat juga bahwa Sinar UV juga hanya mempunyai porsi kecil (sekitar 3%) dari keseluruhan energi matahari. Dipasaran, kaca film merk ternama telah mempunyai SPF lebih dari 200. sedangkan manusia sendiri sebenarnya hanya memerlukan SPF 25.

Jadi Faktor Apa yang Membuat Adem?

Infra red Rejection adalah pengukuran untuk radiasi elektronik yang mempunyai energi panas dengan kata lain infra red rejection ini berarti kemampuan untuk menolak panas, untuk pembacaannya adalah semakin besar persentase maka akan semakin baik dalam menolak panas.

Pada dasarnya, sinar Infra merah adalah sinar radiasi yang tidak terlihat, dengan ukuran 700 sampai 2.500 nanometer. Alat pengukur Infra red yang beredar di pasaran saat ini kebanyakan hanya dapat mengukur di 900 sampai 1000 nanometer sehingga dapat dikatakan bahwa alat pengukur tersebut tidak dapat dijadikan patokan. Gunakan alat ukur yang dapat mengukur gelombang IR sampai 2.000 nano meter.

Masalah ini ditambah dengan adanya material yang dapat memanipulasi alat pengukur Infra merah yang digunakan beberapa produsen kaca film untuk mengurangi biaya produksi. Tentu saja hal ini dapat menyesatkan konsumen. Sangat disarankan untuk mencoba langsung dengan heat lamp untuk merasakan secara langsung bagaimana performa kaca film meredam panas. Jangan ragu untuk meminta pengujian di diler pemasangan kaca film kendaraan kamu. Jika mereka berdalih tidak punya media pengujian, maka tinggalkan saja dan cari toko yang lebih baik.

Garansi

Adanya garansi pada kaca film boleh dikatakan merupakan hal wajib dipenuhi ketika hendak memasang kaca film. Mengapa sebegitu wajibnya? Karena dengan adanya garansi Anda akan mendapatkan jaminan produk dan pemasangan. Dengan adanya garansi, secara langsung Anda juga dapat dipastikan mendapat produk original. Sudah siap membeli kaca film terbarumu?