Cegah Tertular Virus Korona Dalam Mobil, Ini Hal yang Harus Anda Perhatikan

Penyebaran virus corona membuat kalang kabut dunia. Virus corona baru pertama muncul di provinsi Hubei China kini telah menyebar di semua benua, kecuali Antartika. Di Indonesia, virus corona meningkat tajam pada minggu pertama Maret.

Virus yang dikenal sebagai Covid-19 ini merupakan penyakit infeksi pernafasan. Dimulai dengan demam dan batuk kering dan setelah sekitar satu minggu, dapat menyebabkan sesak nafas. Virus ini telah menginfeksi orang di lebih dari 120 negara, dengan lebih dari 123.000 orang terkena, dan korban meninggal mencapai 4.900 lebih.

Langkah pencegahan utama adalah dengan tidak banyak bepergian ke tempat-tempat yang berpotensi. Namun, jika hal ini tidak memungkinkan dan Anda harus berkendara, setidaknya ada beberapa tindakan pencegahan dapat dilakukan dalam mobil. 
Beberapa cara berikut dapat dilakukan:

1. Cuci tangan sebelum dan sesudah menyetir

Tangan meruoakan bagian yang sering bersentuhan dengan benda, menjadi media perantara berpindahnya virus Corona. Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir mobil merupakan hal penting menghindari tertularnya penyakit. Jangan lupa bawa masker dan gunakana ketika merasa sakit. Apalagi kabin mobil merupakan area tertutup dengan sistem sirkulasi AC.

2. Bawa hand sanitizer

World Health Organization menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan tangan lewat mencuci dengan sabun. Air dan sabun dapat membunuh virus yang sedang bersarang di tangan. Gunakan air mengalir dan sabun selama minimal 20 detik.
Mencuci tangan dengan air sabun jelas merepotkan di dalam mobil. Maka dari itu, menyiapkan cairan antiseptik atau hand sanitizer adalah jalan paling masuk akal. Simpan saja di laci dasbor atau di kompartemen belakang bangku depan, agar tidak terpapar langsung sinar matahari sebagaimana dalam anjuran penyimpanan.

3. Selalu bersihkan kabin mobil

Virus Corona ditularkan lewat cairan tubuh (droplets) yang tersebar melalui batuk atau bersin oleh seseorang yang terinfeksi virus ini. Maka, menjaga kebersihan kabin adalah hal terpenting. Sediakan cairan interior cleaner yang banyak dijual. Lalu Anda bisa menyemprotkan cairan antibakteri ke kabin mobil, terutama bagian yang sering tersentuh seperti setir, pintu, tuas transmisi, konsol tengah serta kontrol AC dan audio tengah dasbor. Beberapa antibakteri dilengkapi pewangi yang akan membuat kabin lebih segar dan nyaman.

4. Menjaga kualitas udara
Kebanyakan mobil baru disematkan filter AC guna menyaring udara masuk dari luar. Setelah sekian lama menyaring udara kotor dari luar kemungkinan kesegaran kabin menjadi berkurang. Cukup masuk akal bila diganti secara berkala meski tidak menjamin partikel virus Corona turut tersaring. Setidaknya ada upaya untuk menjaga kebersihan udara kabin. Tak hanya itu, dapat juga membeli air purifier tambahan sebagai tindakan preventif lewat penyaringan udara.

Di saat seperti ini alangkah baiknya tidak banyak bepergian dan bertemu di kerumunan. Meski begitu, tak perlu panik dan tetiba jadi OCD soal kebersihan kabin. Tapi memang setidaknya perlu penekanan lebih soal kebersihan diri dan lingkungan. Tak terkecuali interior mobil.

5. Jaga kondisi tubuh

Meski belum ada obatnya, virus korona akan susah menjangkiti Anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh baik. Sebab itu, selalu jaga kondisi tubuh dengan istirahat yang cukup, makan bergizi, diolah dengan baik, minum multivitamin khususnya vitamin C yang membantu mempertahankan kekebalan tubuh, dan segera periksa ke dokter jika kurang sehat, khususnya jika ada gejala terjangkit virus korona.

6. Manfaatkan kanal digital

Bila kurang nyaman keluar rumah untuk mencari informasi seputar kaca film, cek harga atau layanan garansi bisa memanfaatkan layanan berbasis digital seperti website vkool-indonesia.com.

Untuk pembelian kaca film bisa memanfaatkan Official Marketplace V-KOOL di beberapa toko online seperti:

BLIBLI  blibli.com  https://www.blibli.com/promosi/oto-vkool
JD  jd.id https://www.jd.id/search?seller=32865
TOKOPEDIA  tokopedia.com/v-kool
SHOPEE shopee.co.id/vkool.id
BUKALAPAK https://www.bukalapak.com/vkool-indonesia-official