5 Cara Merawat Kaca Mobil Agar Tetap Kinclong

Pada masa new normal seperti sekarang ini, kebanyakan orang mengurangi perjalanan ke tempat-tempat tertentu yang tidak mendesak, seperti ke tempat pencucian mobil. Namun, perawatan kendaraan harus tetap dilakukan supaya mobil tetap dalam keadaan baik.
Merawat mobil tak harus dilakukan ke salon mobil. Seperti merawat kaca mobil. Apalagi merawat kaca mobil sangat penting agar visibilitas ketika mengemudi lebih jelas.
Namun perlu dicatat, perawatan kaca mobil harus diperhatikan karena tidak sama dengan perawatan bodi, sebab kebersihan kaca sangat memengaruhi daya penglihatan pengemudi serta penampilan.

Jadi, apa saja yang harus diperhatikan? Berikut tahapan perawatan kaca mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

1. Waspada Goresan di Kaca Film
Umumnya pemilik mobil akan memanfaatkan fungsi kaca film untuk menolak panas. Namun, meskipun di pasang di bagian dalam dan sudah punya standar anti gores (kaca film V-KOOL telah lolos uji abrasi ASTM D-1944), bukan berarti kaca film tak bisa tergores.
Penting sekali untuk tetap waspada dan cermat ketika memasukkan benda apapun di dalam mobil. Dengan begitu, goresan sekecil apapun tidak akan merusak kaca film dan mengganggu penglihatan.
Untuk membersihkan kaca film, cukup dengan air (bila perlu bisa dicampur dengan sedikit shampoo dengan pH rendah) dan lap yang lembut. Jangan gunakan bahan pembersih dengan kandungan kimia kuat seperti amonia dan alkohol karena akan merusak kaa film.

2. Jaga Kebersihan Kaca Secara Rutin
Kaca memiliki bidang yang cukup luas sehingga mudah sekali terkena kotoran. Debu yang menempel, air hujan, bahkan cipratan air dari kendaraan lain berpotensi meninggalkan noda.
Segera bersihkan apabila terdapat noda di kaca. Membiarkan noda terlalu lama menempel hanya akan membuatnya semakin sulit dibersihkan. Beberapa noda seperti kotoran hewan dan getah pohon begitu sulit dihilangkan. Untuk menghilangkan noda seperti itu, gunakan lap basah untuk mengelapnya sehingga noda dapat hilang tanpa meninggalkan goresan.

3. Bersihkan Kaca dengan Lap Bersih
Kondisi lap juga sangat berpengaruh dalam merawat kaca mobil agar tetap terlihat mengilap. Lap yang lembut dan bersih akan mencegah timbulnya goresan pada kaca.
Ketika Anda menggunakan lap kasar, goresan akan ditimbulkan oleh serat-serat lap. Sedangkan pada lap kotor, debu yang menempel bisa jadi biang goresan. Anda pun perlu menyediakan dua ember air agar dapat membedakan mana yang untuk membilas lap dan mana yang untuk mencuci kaca mobil.

4. Langsung Keringkan Setelah Basah
Kaca yang basah karena hujan atau setelah dicuci biasanya akan mudah terkena jamur. Inilah yang jadi alasan mengapa Anda harus selalu mengeringkan kaca mobil sesegera mungkin.
Bila sudah terlanjur berjamur, maka Anda dapat menggunakan cairan pembersih kaca khusus untuk memoles bagian tersebut. Meski hasilnya sangat memuaskan, menggunakan cairan pembersih kaca tidak disarankan karena dapat membuat lapisan permukaan kaca semakin menipis dan bergelombang. Jika sudah begitu, akan mengganggu pandangan Anda ketika berkendara.

5. Periksa Rutin Kondisi Karet Wiper
Goresan juga bisa disebabkan oleh gerakan wiper, khususnya ketika kondisi karet mengeras. Penting bagi Anda untuk rutin memeriksa kondisi karet wiper.
Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menggerakkan karet wiper untuk menguji kelenturannya. Bila dirasa sudah keras, maka segera ganti karet wiper tersebut. Umumnya, karet wiper wajib diganti paling lambat setahun sekali untuk mencegah goresan permanen terjadi pada kaca. (***)