Benarkah Kaca Film Bisa Mengganggu Sinyal HP? Begini Penjelasan Pabrikan

Pernah kehilangan sinyal ponsel ketika di dalam mobil? Banyak yang bilang, disebabkan oleh kaca film sehingga penerimaan sinyal menjadi tidak sempurna akibat tertahan oleh pelapis kaca itu. Padahal banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi hal tersebut. Bisa saja terjadi karena di sekitar mobil itu banyak gedung tinggi, atau pohon, dan bahkan gangguan jaringan. Lantas, apakah benar kaca film bisa mempengaruhi sinyal pada handphone (HP)? Lianto Winata V, Business Development Director PT V-Kool Indo Lestari menjelaskan, tidak ada korelasi konkret antara kaca film dan sinyal. Meskipun kaca film terbuat dari bahan metal, dan lain sebagainya.

"Sinyal itu bisa masuk dari mana saja, ada celah sedikit pun bisa masuk. Mobil itu sendiri bukan seperti kaleng yang benar-benar tertutup rapat," kata Lianto belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan.

Sinyal bisa masuk melalui celah manapun termasuk kolong, bagian plastik, atau celah yang dilapisi karet sekalipun.

Menurut dia, semua teknologi atau material yang terkandung di dalam kaca film seperti untuk menolak panas matahari sama sekali tidak akan mempengaruhi sinyal. "Mungkin kalau memang tidak ada sinyal, memang di daerah itu sulit sinyal. Kalau disebabkan oleh kaca film sangat tidak mungkin, buktinya sudah banyak yang pakai kaca film merek kami (V-Kool) yang tidak masalah soal sinyal ponsel," kata Lianto lagi.